CopyWriting : Teknik Menjual Apapun Dengan Tulisan

Apa Itu CopyWriting?

SuhuX.com  –  Mungkin anda semua bertanya, apa itu CopyWriting? Copywriting  adalah teknik merangkai kata melalui tulisan yang mampu membawa pembaca kepada tujuan Anda, sehingga nantinya akan ada umpan balik dari pembaca – tulisan yang mampu membawa suasana hati pembaca disebut copy.

Para CopyWriter membuat tulisan agar pembaca mau mengingat, mendaftar, membeli, mengkaji, atau melakukan tujuan yang Anda inginkan dari tulisan Anda.

CopyWriting : Teknik Menjual Apapun Dengan Tulisan

Dalam dunia bisnis online, ketrampilan Copywriting memegang peranan yang sangat penting sekali, karena dalam bisnis online tulisan menjadi senjata utama untuk memengaruhi calon pembeli.

Secara sederhana, dalam bisnis Online keberadaan CopyWriting bisa kita posisikan sebagai salesman. Teknik ini digunakan untuk menarik dan memengaruhi calon pembeli, sehingga Target (calon pembeli) mau membeli produk anda. Hanya saja bentuknya berupa tulisan.

Apakah teknik CopyWriting penting ?

Ya…. Sangat penting sekali bagi bisnis online anda.

Karena Mengabaikan Teknik CopyWriting dalam bisnis online, sama saja dengan membuang 80% waktu, tenaga dan biaya.

Namun kenyataan yang ada di lapangan, banyak para pengusaha bisnis online yang tidak tahu, bahkan meremehkan tentang pentingnya peranan teknik ini bagi bisnis mereka. Sehingga mereka harus mengeluarkan banyak tenaga, waktu dan biaya karena iklan atau kontent yang mereka tampilkan kurang atau tidak menarik minat.

Siapa Target CopyWriting?

Teknik Copywriting digunakan oleh para pengusaha, blogger, marketer atau siapapun yang ingin menjangkau target (calon pembeli) dengan media tulisan. Tujuan mereka adalah produk yang mereka tawarkan bisa dijangkau, diketahui dan diminati oleh sejumlah komunitas yang lebih besar.

Di Amerika Serikat keahlian dalam membuat tulisan bagus menjadi sebuah profesi yang banyak digemari, karena mereka (para CopyWriters) dapat menghasilkan uang ratusan juta pertahun. Rata-rata para CopyWriters di sana menghasilkan uang sebanyak 55.420 USD atau setara dengan 770 juta rupiah per tahun (Data dari US Bureau of Labor & Statistics 2019).

Dalam CopyWriting, ada dua jenis teknik tulisan yang bisa digunakan, yaitu :
Long Copy (Tulisan yang panjang) layaknya artikel dan Short Copy (tulisan pendek) seperti iklan di website.

Copywrting yang bagus dan tepat akan menghasilkan kata–kata yang mampu meningkatkan omset penjualan, mempromosikan dengan lebih baik dan menjangkau lebih banyak orang.

CopyWriting  Teknik Menjual Apapun Dengan Tulisan
Apa inti dari CopyWriting ?

Inti dari teknik copywriting ini adalah menyampaikan barang/jasa yang Anda tawarkan dengan gaya bahasa yang membuat konsumen tertarik.

Untuk melakukan hal ini, Anda dituntut untuk lebih mengenal produk yang anda tawarkan, di samping itu juga, anda juga dituntut mengenal siapa saja target (konsumen) anda. Untuk bisa meyakinkan target, anda dituntut bisa menghadirkan data akurat yang didapat dari pendekatan metode ilmiah data dan survei.

Untuk mengetahui survei dan tren yang sedang trending, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah melihat data dari google keywords maupun melihat tren dari media sosial.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *